IMPLEMENTASI
GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN
DI
SMK NEGERI 1 RAMBANG DANGKU
Junaidi, M.Pd.
Junaidijuned333@yahoo.co.id.
A.
PENDAHULUAN
SMK
Negeri 1 Rambang Dangku kabupaten Muara Enim provinsi Sumatera Selatan
mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada
tanggal 08 sampai dengan 11 Maret 2021 di BBPPMPV BBL Medan. Gerakan Sekolah Menyenangkan yang merupakan
sebuah terobosan baru dari akar rumput yang mengedepakan olah pikir, olah hati,
olah rasa dan olah raga mendapat sambutan yang luar biasa dari warga sekolah
SMK Negeri 1 Rambang Dangku.
Sebagai upaya untuk mengimplementasikan gerakan
ini, kepala sekolah sebagai manajer sekolah, segera menyusun agenda dengan
mensosialisasikan gerakan ini kepada seluruh guru pada pertengahan Maret 2020
dan menyusun langkah-langkah pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK
Negeri 1 Rambang Dangku. Selama kurun
waktu lebih kurang sembilan bulan sejak bulan April pelaksanaannya, Gerakan
Sekolah Menyenangkan benar-benar telah membawa angin segar dalam pelayanan
pendidikan bagi peserta didik dan para pendidik. Sekolah mulai menjadi pusat pendidikan dan
pelatihan vokasi yang lebih menyenangkan serta membawa berbagai kebaikan bagi
peserta didik dan semua warga sekolah.
A.
IMPLEMENTASI
GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN
Berikut
disajikan lima kegiatan yang sedang dan akan terus dikembangkan dalam rangka
Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SMK Negeri 1 Rambang Dangku sebagai
berikut:
1) Pengembangan Lingkungan Fisik dan Lingkungan Emosional
Langkah pertama yang dilakukan oleh tim GSM SMK Negeri 1 Rambang Dangku adalah membenahi fasiltias fisik sekolah yaitu pembangunan dua gedung baru yaitu bengkel TBSM dan gedung kantor yang berwarna putih yang merupakan bantuan pemerintah pusat dan daerah. Selain itu tim juga segera membangun toilet yang lebih nyaman, lapangan basket, perpustakaan, kantor kepala sekolah, dan juga taman-taman yang indah. Pembangunan fisik ini tentunya tidak terlepas dari GSM, yaitu untuk menarik peserta didik, merayu mereka agar lebih betah dan nyaman berada di lingkungan sekolah. Pengembangan lingkungan emosional juga dilakukan dengan menitikberatkan pada “bagaimana peserta didik belajar” (how to learn).
Nilai-nilai humanis lebih dikedepankan dengan menumbuhkan sikap saling menghargai antar pendidik dengan peserta didik lain, antar peserta didik dengan sesama peserta didik serta antar pendidik dengan pendidik lainnya. Selain itu pembelajaran didisain agar tidak menoton tapi bagaimana belajar dengan lebih menyenangkan. Pembelajaran tidak harus selalu di dalam kelas, tetapi bisa outdoor atau di ruang-ruang lain yang lebih nyaman.
2)
Merupakan program implementasi GSM, yaitu setiap peserta didik mendapat giliran melakukan magang di unit produksi sesuai kompetensi masing-masing secara rutin (bergilir setiap minggu). Program ini juga bertujuan agar pembelajaran tidak menoton dan lebih menyenangkan. Sebagian besar peserta didik juga menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan program SMS ini karena mereka bisa langsung berhadapan dengan konsumen di unit produksi masing-masing dan merasa tidak jenuh atau mengantuk.
Dalam rangka memotivasi peserta didik dan
pendidik agar lebih semangat dan senang menikmati setiap proses pendidikan dan pelatihan di sekolah. Tim GSM juga mengembangkan
pembe- rian apresiasi yaitu pemberian penghargaan berupa sertifikat bintang kelas (sertifikat kebaikan)
kepada peserta didik yang mengimpelentasikan nilai-nilai moral (moral values)
dalam kehidupan
sehari-hari mereka. Pendidik juga sertifikat kinerja terbaik bagi mereka yang terus semangat mengembangkan diri dalam proses belajar mengajar.
Pemberian sertifikat bintang kelas dan sertifikat kinerja terbaik akan dilaksanakan secara berkala setiap tiga bulan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku.
4)
Konten
Video Youtube
pendidikan yang dimonotori
terlebih dahulu oleh para pendidik dan juga diimbaskan kepada peserta
didik. Konten-konten ini terutama saat
Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) dikirim kepada pendidik dan peserta didik
dengan tujuan agar mereka lebih senang dan merasa bangga menerima
nasihat-nasihat dari youtube yang
dicipta oleh tim GSM SMK Negeri 1 Rambang Dangku. Selama kurun waktu lebih
kurang empat bulan sudah lebih dari tigapuluh konten yang diciptakan oleh para
pendidik dan peserta didik di SMK Negeri 1 Rambang Dangku sebagai sebuah proses
dari Gerakan Sekolah Menyenangkan.
5)
Program
Kepala Sekolah Mengajar (KSM)
Merupakan bagian dari
Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku. Kepala sekolah turut mendampingi peserta
didik dengan melatihkan mereka soft-skill dan hard-skill terutama kemampuan entrepreneruship. Kepala sekolah
masuk kelas dan sharing tentang
bagaimana life-skill yang harus
dimiliki oleh peserta didik dengan cara merubah mind-set mereka terlebih dahulu
tentang pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan terutama bagi diri mereka
terlebih dahulu.
A.
KESIMPULAN
Gerakan
Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan akar rumput yang dengan baik dapat
diterapkan di sekolah mana saja. Gerakan
Sekolah Menyenangkan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku telah
membawa perubahan signifikan bagi proses pendidikan dan pelatihan, bahkan
berkat gerakan ini juga akhirnya di penghujung akhir tahun 2020 tepatnya di
hari Guru (HGN), SMK Negeri 1 Rambang Dangku berhasil menorehkan penghargaan
tingkat nasional yang sebelumnya tidak pernah terjadi yaitu penghargaan Kepala
Sekolah Inspiratif Tingkat Nasional 2021, serta penghargaan dari Gubernur
Sumatera Selatan dan PGRI Sumatera Selatan.