Berita

IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DI SMK NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN

DI SMK NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

Junaidi, M.Pd.

Junaidijuned333@yahoo.co.id.

 

A.   PENDAHULUAN

SMK Negeri 1 Rambang Dangku kabupaten Muara Enim provinsi Sumatera Selatan mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada tanggal 08 sampai dengan 11 Maret 2021 di BBPPMPV BBL Medan.  Gerakan Sekolah Menyenangkan yang merupakan sebuah terobosan baru dari akar rumput yang mengedepakan olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga mendapat sambutan yang luar biasa dari warga sekolah SMK Negeri 1 Rambang Dangku.

Sebagai upaya untuk mengimplementasikan gerakan ini, kepala sekolah sebagai manajer sekolah, segera menyusun agenda dengan mensosialisasikan gerakan ini kepada seluruh guru pada pertengahan Maret 2020 dan menyusun langkah-langkah pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku.  Selama kurun waktu lebih kurang sembilan bulan sejak bulan April pelaksanaannya, Gerakan Sekolah Menyenangkan benar-benar telah membawa angin segar dalam pelayanan pendidikan bagi peserta didik dan para pendidik.  Sekolah mulai menjadi pusat pendidikan dan pelatihan vokasi yang lebih menyenangkan serta membawa berbagai kebaikan bagi peserta didik dan semua warga sekolah.

A.   IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN

Berikut disajikan lima kegiatan yang sedang dan akan terus dikembangkan dalam rangka Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SMK Negeri 1 Rambang Dangku sebagai berikut:

1)    Pengembangan Lingkungan Fisik dan Lingkungan Emosional



Langkah pertama yang dilakukan oleh tim GSM SMK Negeri 1 Rambang Dangku adalah membenahi fasiltias fisik sekolah yaitu pembangunan dua gedung baru yaitu bengkel TBSM dan gedung kantor yang berwarna putih yang merupakan bantuan pemerintah pusat dan daerah.  Selain itu tim juga segera membangun toilet yang lebih nyaman, lapangan basket,  perpustakaan, kantor kepala sekolah, dan juga taman-taman yang indah. Pembangunan fisik ini tentunya tidak terlepas dari GSM, yaitu untuk menarik peserta didik, merayu mereka agar lebih betah dan nyaman berada di lingkungan sekolah. Pengembangan lingkungan emosional juga dilakukan dengan menitikberatkan pada “bagaimana peserta didik belajar” (how to learn). 

Nilai-nilai humanis lebih dikedepankan dengan menumbuhkan sikap saling menghargai antar pendidik dengan peserta didik lain, antar peserta didik dengan sesama peserta didik serta antar pendidik dengan pendidik lainnya.  Selain itu pembelajaran didisain agar tidak menoton tapi bagaimana belajar dengan lebih menyenangkan.  Pembelajaran tidak harus selalu di dalam kelas, tetapi bisa outdoor atau di ruang-ruang lain yang lebih nyaman.

 

2)    Program Siswa Magang Sekolah (SMS)

Merupakan program implementasi GSM, yaitu setiap peserta didik mendapat giliran melakukan magang di unit produksi sesuai kompetensi masing-masing secara rutin (bergilir setiap minggu).  Program ini juga bertujuan agar pembelajaran tidak menoton dan lebih menyenangkan.  Sebagian besar peserta didik juga menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan program SMS ini karena mereka bisa langsung berhadapan dengan konsumen di unit produksi masing-masing dan merasa tidak jenuh atau mengantuk.

3) Pemberian Sertifikat Bintang Kelas dan Kinerja Terbaik.

     Dalam rangka memotivasi peserta didik dan pendidik agar lebih semangat dan senang menikmati setiap proses pendidikan dan pelatihan di sekolah.  Tim GSM juga mengembangkan pembe- rian apresiasi yaitu pemberian penghargaan berupa sertifikat bintang kelas (sertifikat kebaikan) kepada peserta didik yang mengimpelentasikan nilai-nilai moral (moral values) dalam kehidupan



sehari-hari mereka.  Pendidik juga sertifikat kinerja terbaik bagi mereka yang terus semangat mengembangkan diri dalam proses belajar mengajar.  

Pemberian sertifikat bintang kelas dan sertifikat kinerja terbaik akan dilaksanakan secara berkala setiap tiga bulan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku.

4)    Konten Video Youtube

Sebagai bagian dari digitalisasi, tim GSM  SMK Negeri 1 Rambang Dangku juga mengembangkan konten video youtube, yaitu mencipta video-video menarik yang berisi konten-konten semangat belajar 

 

pendidikan yang dimonotori terlebih dahulu oleh para pendidik dan juga diimbaskan kepada peserta didik.  Konten-konten ini terutama saat Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) dikirim kepada pendidik dan peserta didik dengan tujuan agar mereka lebih senang dan merasa bangga menerima nasihat-nasihat dari youtube yang dicipta oleh tim GSM SMK Negeri 1 Rambang Dangku. Selama kurun waktu lebih kurang empat bulan sudah lebih dari tigapuluh konten yang diciptakan oleh para pendidik dan peserta didik di SMK Negeri 1 Rambang Dangku sebagai sebuah proses dari Gerakan Sekolah Menyenangkan.

5)    Program Kepala Sekolah Mengajar (KSM)

Merupakan bagian dari Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku.  Kepala sekolah turut mendampingi peserta didik dengan melatihkan  mereka soft-skill dan hard-skill terutama kemampuan entrepreneruship. Kepala sekolah masuk kelas dan sharing tentang bagaimana life-skill yang harus dimiliki oleh peserta didik dengan cara merubah mind-set mereka terlebih dahulu tentang pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan terutama bagi diri mereka terlebih dahulu.

 

 

A.   KESIMPULAN

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan akar rumput yang dengan baik dapat diterapkan di sekolah mana saja.  Gerakan Sekolah Menyenangkan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rambang Dangku telah membawa perubahan signifikan bagi proses pendidikan dan pelatihan, bahkan berkat gerakan ini juga akhirnya di penghujung akhir tahun 2020 tepatnya di hari Guru (HGN), SMK Negeri 1 Rambang Dangku berhasil menorehkan penghargaan tingkat nasional yang sebelumnya tidak pernah terjadi yaitu penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif Tingkat Nasional 2021, serta penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan dan PGRI Sumatera Selatan.